Notebook Gaming ASUS ROG GX800, Sensasi Bermain Game dengan Notebook High End Terbaru!

Ketika teknologi sudah semakin canggih, setiap hari banyak produk-produk baru bertebaran dengan spesifikasi yang luar biasa dewa, ketika warnet yang menggunakan monitor tabung sudah tergantikan oleh monitor layar datar. Lalu kali ini bagaimana dengan jamannya notebook yang spesifikasinya udah dewa dan harganya super wow?

best-laptop-gaming-asus-rog-gx800-reviewSemua orang mungkin akan merujuk pada kata “Notebook Gaming” jika dikaitkan dengan spesifikasi dewa. Notebook gaming yang kali ini akan kita review adalah notebook ASUS ROG GX800. Kenapa sih harga dari notebook ini super wow? Baca ulasan dibawah ini.

ASUS ROG GX800 merupakan sebuah perangkat gaming yang super canggih, istilahnya “gaming high-end“. Notebook ini dilengkapi dengan watercooling yang terpisah dan ciri khas logo ASUS yang bisa menyala.

best-laptop-gaming-asus-rog-gx800

Notebook ASUS ROG GX800 tampak depan dan belakang

Panel LID atau covernya terbuat dari alumiunium, dan juga dengan area keyboard. Kali ini ASUS telah beralih dari single LED keyboard yang berwarna merah, menjadi menggunakan Mekanik RGB keyboard yang dapat memancarkan bermacam warna. Sebagai gamer, kita beranggapan RGB keyboard lebih keren dan lebih nyaman digunakan daripada single LED keyboard. Tombol WASD pada notebook ini diberikan warna yang agak berbeda. Selain itu nyala lampunya bisa diganti melalui ROG Aura yang terdapat pada ROG Gaming Center. Untuk bagian bawah, cover penutup tempat menyimpan HDD, SSD, dan RAM dibuat dari material plastik khusus.

best-laptop-gaming-asus-rog-gx800-spesifikasi

Spesifikasi dari Notebook ASUS ROG GX800 yang super mewah

Pertama, mari kita bahas tentang prosesor dari notebook super ini. ASUS ROG GX800 menggunakan prosesor Intel Core i7 7820HK. notebook ini benar-benar memberikan performa overclocked yang lebih tinggi dibanding lainnya yakni 4,6GHz. Semakin tinggi GHz (Giga Hertz) pada notebook, maka perintah yang dapat dilakukan semakin banyak dalam sekali pengerjaan dan tentu saja ini juga artinya notebook ini super cepat. Tentunya prosessor seperti ini didesain untuk mendominasi semua permainan para gamer, karena arti dari HK adalah “High performance graphic and unlocked“. Artinya kalian bisa overclock sampai maksimal untuk meningkatkan perfomance notebook ini.

Jenis media penyimpanan berbasis SSD pada notebook ini ditambah menjadi 3 buah. Luar biasa! Menggunakan media penyimpanan dari Samsung yaitu SM951, yang kabarnya merupakan SSD (Solid State Drave) tercepat sekarang. SSD yang memiliki fitur Non Volatile Memory Express ato biasa disingkat NVMe ini memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 untuk memaksimalkan kecepatan transfernya. Kecepatan SLOT PCIE dalam membaca SSD adalah 20GB/detik.

Kalau dilihat dari spesifikasi pada tabel diatas, notebook ini memang wow sekali. Layar dari notebook ini adalah 18″ dan juga merupakan layar pertama yang memberikan sensasi 4K (4K Resolution) UHD (Ultra Hight Definition) pada saat kita bermain game. Sepertinya mereka telah mengubah komponen dalam notebook ini secara keseluruhan. Sehingga semua terlihat luar biasa. Sudah sepantasnya memang notebook berbekal kartu grafis mutakhir, haruslah diimbangi dengan layar berteknologi mumpuni agar kualitas gambar yang dihasilkan mampu ditransmisikan dengan baik.

best-laptop-gaming-asus-rog-gx800-benchmark-game

Hasil Screenshot Game

Kemudian ada 2 buah VGA card GTX 1080 yang ditanamkan pada notebook ini. Dengan tipe kartu grafis 2 Way SLI GTX1080.  Menggabungkan performa dan kinerja dari keduanya bisa menghasilkan sesuatu hal yang luar biasa saat menggunakan notebook ini. Card dari NVIDIA yang terbaru telah dibekali dengan fitur VR (Virtual Reality) terbaru serta fitur lainnya seperti NVIDIA G-Sync, Vulkan API, dan OpenGL. Bermain game dengan efek yang luar biasa apalagi telah dibekali fitur VR, tentu membuat orang tertarik untuk segera mencobanya!

ASUS ROG GX800 menggunakan docking watercooling. Untuk cara kerja dari docking yang oleh ASUS disebut sebagai Hydro Overclocking Station ini pendingin bekerja dengan cara mengalirkan cairan yang berasal dari tangki melalui tabung selang yang didorong oleh pompa menuju ke dalam perangkat untuk mendinginkan sistem yang sedang bekerja. Mengingat ASUS GX800 menggunakan 2 buah GPU serta 1 CPU saat digunakan. Tentunya cooling ini harus bekerja ekstra berat. Selain cooling, notebook ini juga mempunya fan yang bisa digunakan ketika bermain game berat tanpa docking. Namun, tentu suara kipas akan sedikit “menganggu” dan “berisik” ketika bekerja karena menenangkan komponen luar biasa di dalamnya.

Port I/O (Input/Output) yang dimiliki oleh notebook ini adalah HDMI 2.0 dengan tingkat refresh rate 60Hz. Display port 1.3 untuk 8K monitor atau dual 4K monitor 60Hz. Dan 2 buah USB 3.1, headphone jack, mic, Wifi antena eksternal serta 2-1 card reader. Lan port dan Kensington lock juga ada di notebook ini.

Ada yang istimewa dari microphone pada notebook ASUS ROG GX800. Jika kalian pernah mengikuti turnament DOTA2, LOL, atau mungkin DN tentunya kalian butuh berkomunikasi dengan anggota team yang lain. Baik itu melalui ingame atau LAN party, ASUS memberikan fitur dual array microphones yang dapat menangkap suara dengan jernih tanpa harus terganggu suara lingkungan yang berisik di suatu tempat yang diberi nama “Noise Supression“. Teknologi ini dapat melakukan penyaringan polusi suara yang dihasilkan pengguna seperti mengetik pada keyboard, kipas notebook, coolingpad, maupun audio dari game.

Setelah fitur diatas, yang paling fatal ketika bermain game adalah daya. Kalau tidak ada daya, bagaimana kita bisa menggunakan perangkat canggih ini? notebook ini mempunyai 2 buah charger. Satu untuk notebook dan satu lagi untuk dipasang pada watercooling.
Pada umumnya notebook menggunakan satu charge bukan?

Daya yang dibutuhkan untuk memberikan kehidupan perangkat dewa ini adalah 300W untuk masing-masing adapter. Karena ASUS GX800 memiliki 2 buah graphic card. Wah, kalau ingin bermain menggunakan notebook ini kalian harus menyediakan pasukan daya yang super besar. Atau kalau tidak kita akan mendengar teriakan nyaring dari keluarga karena rumah menjadi gelap seketika. Tapi itu hanya menurut hitungan kita saja sebelum kita benar-benar mencobanya sendiri.

Notebook ini mempunyai ketebalan 45mm dan beratnya 5,7kg. Sungguh berat jika dimasukkan di tas ransel. Namun itu sepadan dengan spesifikasi dewa yang tertanam pada notebook ini. Spesifikasi dewa apalagi didukung oleh koneksi internet yang lancar, dan kenyamanan dalam bermain game. Apalagi yang dibutuhkan untuk menikmati hobby para gamers selain ASUS GX800? Bermain game tanpa lag dengan visual yang nyata adalah impian semua gamer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s